Source: http://www.amronbadriza.com/2012/08/cara-membuat-link-bergoyang-di-blog.html#ixzz2HA6tZwvV Anindyya Artantydini: MS.WORD 2007 Source: http://www.amronbadriza.com/2012/08/cara-membuat-link-bergoyang-di-blog.html#ixzz2HA6tZwvV

Minggu, 06 Januari 2013

MS.WORD 2007

Microsoft word 2007 telah mengalami perkembangan dan perbaikan yang lebih baik dari versi sebelumnya yaitu word 2003.Pada tutorial kali ini saya akan menjelaskan tentang bagaimana memaksimalkan penggunaan Microsoft word 2007 versi Windows XP.Memulai menggunakan Word 2007 Untuk menggunakan dan mengaktifkan word 2007 dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut :
1. Klik menu start pada taskbar 2. Klik all programs -->Microsoft Office --> Microsoft Office Word 2007 Mengenal
Elemen Jendela Word : 1. Menu Bar : menu bar bias dibilang sama seperti menu horizontal pada blog, yang mempunyai sub-sub menu. Menu bar terdiri atas Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review, dan View.
1.1 Home : Home merupakan menu utama yang akan tampil pada saat pertama kali andamembuka word 2007. Menu home terdiri dari toolbar standar yaitu font, tool bar formatting dan paragraph, styledan editing serta clipboard.
1.2 Insert : Menu insert terdiri dari : Pages, Tables, Illustrations, Links, Header & Footer, Text, Symbol.
1.3 Page Layout : Menu page layout terdiri dari : Themes, Page Setup, Page Background, Paragraph, Arrange.
1.4 References : Referencester diridari : Table of Contents, Footnotes, Citations & Bibliography, Captions,Index, Table of Authorities.

1.5 Mailings: Mailings terdiri dari : create, start mail merge, write & insert Fields, preview results, finish.
1.6 Review : Review terdiri dari : proofing Comments, Tracking, changes, Compare, Protect
Fungsi-Fungsi Menu Bar Pada Microsoft Word 2007
1. Menu button
• New : Membuka dockument baru yang masih kosong
• Open : Membuka file dokumen yang telah disimpan
• Close : Mrenutup dokumen
• Save : Menyimpan dokumen ke media penyimpanan
• Save As : Menyimpan dokumen ke media penyimpanan dalam format lain
• Print Preview : Melihat tampilan dari dokumen yang akan di cetak
• Print : Mencetak dokumen dan mengatur kerja printer
• Send to : Mengirim dokumen melalui e-mail
• Propertise : Mengetahui beberapa keterangan mengenai isi dokumen
• Exit word : Menutup program Ms. Word
2. Menu home
• Undo : Membatalkan perintah yang telahdilakukan (Ctrl+Z)
• Repeat atau Redo : Mengulangi perintah yang telah dilakukan (Ctrl+Y)
• Cut : Menghapus/memindahkanteksatauobjek yang dipilihke clipboard
• Copy : Menyalin teks atau objek yang dipilih ke clipboard
• Office Clipboard : Membukaisi clipboard
• Paste : Menempatkan objek/teks yang ada di clipboard padaposisititiksisip berada
• Paste Spesial : Menempatkan objek/teks yang ada di clipboard pada posisi titik sisip berada dengan format yang berbeda
• Paste Hyperlink : Menempatkan teks sebagai hyperlink
• Clear : Menghapus semua data (All), format data (formats), komentar (comments), isi data (contents) yang ada pada lembar kerja
• Select All : Untuk memblok semua is idokumen
• Bold : untuk menebalkan huruf
• Italic : untuk membuat miring tulisan/huruf
• Underline : untuk menggaris bawahi tulisan
• Font : untuk mengganti jenis tulisan
• Font size : untuk memilih ukuran huruf
• Font colour : untuk memberi warna paada tulisan
• Subscript : untuk membuat huruf kecil dan berada dibawah
• Superscript : untuk membuat huruf kecil dan berada di atas
• Changecase : untuk memilih supaya tulisan bisa sesuai dengan EYD.
• Text highlight colour : untuk memberikan warna pada teks
• Align text left : supaya teks rata di kiri
• Align text center : supaya text rata di tengah
• Align text right : supaya text rata di kanan
• Justify : supaya text rata kanan dan kiri
• Line spacing : mengatur spasi pada kalimat
• Border : untuk memberikan bingkai pada text
3. Menu View, Sub Menu View
• Normal : Mengubah tampilan layar kebentuk normal
• Web layout : Mengubah tampilan layar dalam bentuk web view
• Print layout : Mengubah tampilan layar pengetikan kebentuk print view
• Outline : Mengubah tampilan layar kebentuk outline view
• Task Pane : Menampilkan/menyembunyikan bantuan task pane di layar
• Toolbars : Menampilkan dan menyembunyikan toolbar
• Ruler : Menampilkan dan menyembunyikan mistar/garis pengatur
• Show Paragraph Marks : Untuk menampilkan simbol paragraph
• Gridlines : Untuk menampilkan tanda garis pada lembarkerja
• Documents Map : Menampilkan dokumen dengan disertai peta gambar
• Header Footer : Membuat dan menghapus judul atas dan bawah di dokumen
• Footnotes : Melihat catatan hasil foot note
• Mark up : Menampilkan toollbar markup
• Full Screen : Menampilkan dokumen dalam satu layar penuh
• Zoom : Menentukan ukuran tampilan lembar kerja pada layar
4. Menu Insert
Pada menu Insert, seperti terlihat pada Gb. 13, terdapat beberapa pengaturan penyisipan, misalnya sbb :
a. Penyisipan Halaman (Pages) Ada tiga penyisipan yang dapat digunakan yaitu penyisipan Halaman Depan (Cover Pages), Halaman Kosong (Blank Page) dan Page Break.
b. Penyisipan Tabel (Table) Untuk menyisipkan tabel pada penulisan, cukup dengan memilih berapa kolom dan baris yang dikehendaki pada kotak kosong seperti terlihat pada Gb. 15, maka tabel yang dikehendaki otomatis akan tampil pada layar halaman penulisan. Atau untuk lebih lengkapnya ada pada fungsi Insert Table, dll.
c. Penyisipan Ilustrasi (Illustrations)
Ada lima penyisipan ilustrasi, yaitu Picture, Clip Art, Shapes, SmartArt dan Chart
- Penyisipan Picture, dapat diambil dari file gambar yang tersimpan di dalam harddisk ataupun flashdisk.
- Penyisipan ClipArt, dapat diambil secara online (file dicari dengan bantuan koneksi internet), cukup dengan mengetikkan keyword pada Search For kemudian klik Go. Atau clipart yang sudah ada di dalam harddisk, cukup klik Organize Clips.
- Penyisipan potongan bentuk (Shapes), ada beberapa pilihan,
- Penyisipan SmartArt, fungsi baru yang tersedia di MS-Word 2007. Terdapat beberapa pilihan SmartArt, seperti terlihat pada Gambar di bawah ini.
- Penyisipan Grafik (Chart) Terdapat beberapa pilihan Grafik (Chart) yaitu Column, Line, Pie, Bar, Area, XY (Scatter), Stock, Surface, Doughnut, Bubble, Radar. Seperti terlihat pada Gb. 23.
d. Penyisipan Links Penyisipan Links biasanya digunakan untuk menyisipkan suatu link terhadap kalimat tertentu yang akan menuju ke kalimat lain atau terkoneksi ke internet, tergantung dengan keperluan penulisan.
e. Penyisipan Header & Footer Penyisipan Header & Footer biasanya digunakan untuk menyisipkan format penulisan pada awal atau akhir di setiap halaman dengan kalimat yang sama atau juga untuk penyisipan penomoran halaman (Page Number).
f. Penyisipan Text Terdapat beberapa pilihan penyisipan Text, yaitu Text Box, Quick Parts, Word Art, Drop Cap, Signature Lines, Date & Time, Object.
g. Penyisipan Symbols Ada dua pilihan dalam penyisipan symbols, yaitu Equation (yang biasa digunakan dalam penulisan perumusan) dan Symbol.
- Perumusan Equation Equation selengkapnya terdiri dari Tools, Symbols dan Structures. Digunakan sesuai dengan keperluan penulisan.
- Symbol Ada dua cara dalam memilih symbol, seperti yang terlihat pada Gb. 26. Setelah symbol yang diperlukan dipilih, cukup klik Insert, maka symbol dimaksud akan tampil halaman penulisan.
5. Menu Page Layout Pada menu Page Layout ada beberapa fungsi yaitu Themes, Page Setup, Page Background, Paragraph dan Arrange.
a. Fungsi Themes, untuk pengaturan tema penulisan.
b. Fungsi Page Setup, untuk pengaturan ukuran kertas (misalnya A4, Letter atau Folio); orientasi kertas (ada dua pilihan yaitu Landscape atau portrait); dll.
c. Fungsi Page Background. Ada tiga pilihan pengaturan Page Background, yaitu Watermark, Page Color dan Page Borders. - Watermark untuk memberikan tanda pada background penulisan, misalnya ada kalimat “Do Not Copy” atau “Confidential”, seperti terlihat pada Gb. 28. Apabila Watermark sudah tidak diperlukan, maka klik Watermark kemudian klik Remove Watermark.
- Page Color untuk memberikan warna pada background halaman penulisan,
- Page Borders untuk memberikan garis batas pada halaman penulisan,
d. Fungsi Paragraph, untuk mengatur letak penulisan dari sisi kiri-kanan dan atas-bawah halaman penulisan serta pengaturan spasi antar baris
6. Menu References Menu References digunakan apabila dalam penulisan ada mengambil kutipan dari beberapa referensi misalnya dari buku, yang biasanya terdapat keterangan Judul Buku, Pengarang Buku, Tahun Penerbitan Buku, Kalimat dalam halaman berapa yang dikutip, dll.
7. Menu Mailings Menu Mailings berfungsi misalnya untuk pembuatan penamaan pada amplop atau label (Mailings – Create), pembuatan Mail Merge (Start Mail Merge), dll.
8. Menu Review Menu Review berfungsi misalnya untuk pengecekan Spelling Grammar, pemberian Comment pada halaman penulisan, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Source: http://www.amronbadriza.com/2012/08/cara-membuat-link-bergoyang-di-blog.html#ixzz2HA6tZwvV Source: http://www.amronbadriza.com/2012/08/cara-membuat-link-bergoyang-di-blog.html#ixzz2HA6tZwvV Source: http://www.amronbadriza.com/2012/08/cara-membuat-link-bergoyang-di-blog.html#ixzz2HA6tZwvV